Awali Bulan Oktober, PD IPM Gresik Tingkatkan Solidaritas

GRESIK – Seiring pergantian struktur kepengurusan, Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Gresik selenggarakan Upgrading dan Rapat Kerja (Raker) PD IPM Gresik di SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu.

Mengusung tema Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Menjadi Pelopor, Pelangsung dan Penyempurna Amanah Pelajar Gresik yang berkemajuan. Selama tiga hari, Jum’at (29/9) malam hingga Minggu (1/10), hadir seluruh anggota PD IPM Gresik dan perwakilan dari Pimpinan Cabang (PC) IPM se-Gresik.

“Upgrading yang salah satu kegiatan untuk meningkatkan mutu dalam organisasi tersebut beserta anggotanya,” ungkap Imam Mawardi Ketua Umum PD IPM Gresik saat berbicang dengan IPM.OR.ID.

Secara normatif, lanjut Imam, upgrading dilaksanakan agar setiap pengurus utamanya antar struktural di PD IPM Gresik Periode baru menjadi saling mengenal satu sama lain. Ia juga menjelaskan raker ini juga sebagai jembatan komunikasi antar pimpinan IPM se-Gresik.

“Sedangkan tujuan dari Raker sendiri adalah sebagai sarana untuk mengkomunikasikan kebijakan (program kerja) pimpinan daerah IPM Gresik kepada seluruh anggota IPM daerah sekaligus menghadirkan perwakilan IPM cabang se Gresik untuk berproses dan belajar untuk menjalin kolaborasi dalam arah gerak IPM Gresik,” pungkasnya.

Terdapat beberapa materi yang diberikan, salah satunya Achievement and Motivation. Materi tersebut disampaikan oleh Ipmawan Alfarisy Hudan Haqiqi, anggota di Pimpinan Wilayah (PW) IPM Jawa Timur. Haqiqi sapaan akbranya, menjelaskan banyak perihal merawat dan memotivasi kader.

“Salah satu cara untuk merawat dan memotivasi kader adalah dengan memberikan kader tersebut penghargaan atas pencapaian yang dilakukan oleh kader kita, dengan begitu kader yang memiliki pencapaian yang baik akan termotivasi dan merasa bahwa dia dianggap dan dihargai,” pungkas Ipmawan Alfarisy Hudan Haqiqi.

Selain upgrading dan raker, PD IPM Gresik juga menghadirkan Mata Pena (MAP), Jum’at (29/9) malamnya. “Mata Pena adalah suatu komunitas untuk menampung anggota (kader) IPM se Indonesia yang berada di Malang, komunitas ini bertujuan untuk menguatkan jiwa literasi dan rasa kekeluargaan.” Kata Ipmawati Nuzula, salah satu anggota MAP dan anggota Pimpinan Wilayah IPM Jawa Timur.

Adanya sharing session bersama Mata Pena, lanjut zula sapaan akrabnya, semoga IPM Gresik bisa sharing dan hearing tentang IPM serta memperkuat ukhuwah persaudaraan antar kader IPM se-Indonesia yang berada di Malang.

Usai upgrading dan raker, ada pembagian yang jelas mengenai otoritas tiap bidang dan arah gerak PD IPM Gresik. Hasil raker selama tiga hari ini juga akan disampaikan dalam rapt pleno pimpinan. *(nov/anf)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *