Indonesia Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Dipublikasikan oleh Yafi' Helmi pada

Sejarah kelam Indonesia berkembang biak. Indonesia saat ini sedang suram, dengan tragedi penggusuran Tambakrejo, prepresifitas TNI Urutsewu, karhutla Riau, rasisme kawan-kawan Papua, RUU KPK, kemiskinan, kesenjangan, hingga RKUHP yang terdapat pasal-pasal ajaib.

Lebih dewasanya Indonesia menjadikan kita jauh dari makna demokrasi, dan jauh dari asas Pancasila. Masih saja, yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin, mereka yang menderita semakin dibabi buta.

Seharusnya pemerintah hadir untuk mensejahterakan masyarakat, menjamin keamanan, serta menjunjung tinggi keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Apakah telah terealisasikan dalam masyarakat?

Kita mundur lagi ketahun 2016, saat itu warga Kalimantan Tengah menggugat pemerintah agar lebih serius tangani kebakaran hutan dan lahan. Meskipun pemerintah mengajukan banding, gugatan ini terus dimenangkan dipengadilan hingga ke Mahkamah Agung. Meskipun gugatan warga telah dimenangkan Mahkamah Agung, pemerintah masih meminta peninjauan kembali dan bukan mematuhi keputusan agar penanganan kebakaran hutan dan lahan lebih baik lagi.

Hukuman yang dijatuhkan kepada pihak tergugat adalah menerbitkan sejumlah regulasi untuk menangani dan mencegah karhutla, yakni peraturan pelaksana dari UU tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan peraturan pemerintah soal tim gabungan yang bertugas meninjau izin pengelolaan hutan.

Pemerintah juga diwajibkan mendirikan rumah sakit khusus paru-paru dan penyakit lain akibat polusi udara di Kalimantan Tengah. Dan kini bencana kabut asap kembali melanda Sumatera. Haruskah masyarakat Riau, Palembang, Jambi ikut menggugat Pemerintah agar ada perubahan dalam mencegah & menangani kebakaran hutan dan lahan?

Dari contoh itu, kita mengerti bahwa reformasi dalam demokrasi negeri yang telah diperjuangkan bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia telah cidera. Sebagai kaum terpelajar ada saatnya membaca, ada saatnya belajar. Tapi kaum terpelajar adalah ujung tombak kebenaran, Bergeraklah atau menulislah!

Sonia Wijaya Putra
PIP Pimpinan Daearah IPM Gresik


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *