Wartawan Cilik dari MI Muhammadiyah 03 Jogoroto, Budaya Literasi Bagi Anak-anak

Dipublikasikan oleh media jatim pada

IPMJATIM.OR.ID – Pemandangan menarik, unik dan berbeda tampak pada penyelenggaraan Tabligh Akbar dan Silaturrahim ke 9 Keluarga Besar Muhammadiyah Jombang, Senin (29/7). Terlihat beberapa anak sedang memotret dan mewawancarai peserta yang hadir di agenda rutin 3 bulanan PC Muhammadiyah Jogoroto.
Mereka adalah wartawan cilik dari MI Muhammadiyah 03 Jogoroto.

Gaya dan cara mereka mewawancarai begitu khas, sesuai dengan karakter anak-anak. Narasumber pun terlihat kaget bercampur terkesan karena ini belum pernah ada pada agenda silaturrahim sebelumnya. “Ini adalah pengalaman pertama, sedikit malu tapi senang karena saya mendapat ilmu baru” kata Rahma, salah satu anggota wartawan cilik.

Bapak Eric Tri Ichsanto, kepala MI Muhammadiyah 03 Jogoroto menyampaikan “Wartawan cilik adalah salah satu program madrasah untuk mengasah kepekaan anak-anak dalam menggali informasi. Terlebih melalui rumus 5 w 1 h yang langsung diimplementasikan dalam kegiatan jurnalistik. Harapan kami dengan program wartawan cilik ini, budaya literasi bagi anak-anak dapat berkembang dengan baik, khususnya diera digital seperti sekarang,” tandasnya.

Agenda kemarin juga menjadi salah satu momen membanggakan bagi MI Muhammadiyah 03 Jogoroto, karena bertepatan dengan diresmikannya program madrasah literasi oleh Mendikbud, Bapak Prof. Dr. H. Muhadjir effendy, MAP. Melalui program madrasah literasi, diharapkan mampu membangun semangat dan membudayakan literasi bagi seluruh warga sekolah bukan hanya siswa. Tujuannya yakni agar madrasah, siswa, pendidik maupun tenaga pendidikan menjadi pribadi-pribadi yang semakin berkualitas. (Bakris)


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *