Lompat ke konten

Ada-Ada Saja, Berbisnis Modal Dengkul, Benarkah Demikian?

IPMJATIM.OR.ID – Berbinis sekarang benar benar mudah dilakukan yakni dengan modal Dengkul. Lalu apakah yang dimaksud dengan modal Dengkul. Hal itu disampaikan Muhammad Faizal Ashori, selaku Kabid Kreativitas dan Kewirausahaan PW IPM Jawa Timur, pada pasca pelantikan PC IPM Baureno Bojonegoro, Ahad (20/01/2019), Perguruan Muhammadiyah Banjaranyar.

Tentunya peserta kebingungan. Ia menyampaikan, Dengkul merupakan singkatan. Yang pertama adalah Doa epada Allah Swt. “Sebelum memulai wajib untuk meminta petunjuk kepada Allah, agar dimudahkan,” Tegas Faiz sapaan akrabnya.

Kedua, sEnang bersilaturahim. Dengan menyambung tali silaturahim kepada keluarga, teman akan memberikan energi positif.

“Biasanya saat itu kita akan muncul ide ide baru, sehingga dengan itu bisa memulai untuk berbisnis,” Ia melanjutkan dengan bersilaturahim bisa membuat perut menjadi kenyang, langsung di sambut tawa peserta.

Ketiga, Nama baik. Seorang pengusaha wajib menjaga nama baiknya, sebagaimana nabi Muhammad mencontohkan. ” Itu adalah modal yang mahal, nabi telah mencontohkan 4 sifatnya yakni Tabligh, Amanah, Fathonah dan Sidiq,” Lanjutnya.

Selanjutnya adalah Gabung komunitas bisnis. Dengan orang orang yang satu visi, biasanya akan saling belajar. “Salah satunya komunitas yang kita miliki, yakni saudagar pelajar,” tawarnya pada peserta.

Yang kelima adalah berKolaborasi. Bagi penguasaha yang tidak memiliki modal ini bisa menjadi solusi. Yang keenam adalah Ulet.

“Sikap ulet harus dimiliki, jangan sampai berhenti di tengah jalan ketika berbisnis, karena berbinis pasti memiliki rintangan,” lanjutnya.

Yang terakhir adalah Lillah. Ia menjelaskan bahwa semua yang kita lakukan niatkan untuk mendapatkan ridho-Nya. “Karena puncak utama kesuksesan adalah mendapat ridho dari Nya.” Tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: