Lompat ke konten

Avangers Endgames Versi The Leader IPM Masa Kini

Tulisan ini adalah pengantar The Leader E-Sport Mobile Legends yang diselenggarakan oleh Bidang ASBO PW IPM Jawa Timur. The Leader yang seharusnya menjadi center perlombaan olahraga kader IPM Jawa Timur, harus berubah konsep menjadi E-Sport dikarenakan pandemi. Kalau dibandingkan dengan teman-teman Ranting, Cabang dan Daerah se-Jawa Timur, turnamen E-Sport yang diselenggarakan oleh PW IPM Jawa Timur masih terbilang sangat biasa saja, bahkan kami dari wilayah saja banyak belajar dari teman-teman daerah yang telah menyelenggarakan Turnamen E-Sport, untuk itu kami sangat mengapresiasi sekali pada teman-teman Daerah yang terlebih dahulu menyelenggarakan E-Sport dan tetap produktif di tengah pandemi.

Namun jika melihat antusias peserta, ternyata The Leader masih disambut baik oleh kader IPM Jawa Timur, bahkan beberapa kader dari luar Jawa Timur juga turut andil dalam memeriahkan The Leader.

Kita tahu bahwa segala sesuatu yang kita lakukan pasti memiliki dua sisi yang berbeda, sebagian orang menilai bahwa permainan ini sangat merugikan, hal tersebut disebabkan oleh motivasi belajar anak yang semakin menurun dan lain sebagainya. Dari sisi yang lain melihat permainan E-Sport sangat menguntungkan, karena permainan ini menghibur juga termasuk wadah atau media seseorang dalam mengasah nalar kritis, komunikasi yang baik, kepercayaan diri dan juga melatih kestabilan emosional, Inilah perbedaan paham seseorang dalam menanggapi E-Sport. Jika kita cermati sebenarnya yang dapat mengendalikan argumentasi tersebut adalah keterampilan seseorang dalam mengatur waktu,  kita tahu tidak semua orang sadar dan mau memikirkan sebentar saja soal manajemen waktu.

Pada tulisan ini tidak sedang berbicara soal kebermanfaatan dari E-Sport saja, kita juga membahas sedikit istilah The Leader yang terinspirasi dari film Avangers Endgames. Walaupun saya tidak banyak mengikuti kisah heroik para Avangers ini, akan tetapi saya pernah membaca artikel yang membahas ringkasan film dan sedikit tahu pesan yang terkandung dalam film yang dirilis oleh Marvel Studio dan Walt Disney Pictures.

Para Avanger layaknya seorang pahlawan ini bekerja sama dalam membasmi Thanos yang telah memusnahkan separuh dari populasi dunia. Pantang menyerah, rela berkorban dan berjiwa pemberani telah melekat pada setiap tokoh Avangers.

Mereka saling melengkapi dan bersatu membasmi Thanos, Toko Hulk laki-laki tinggi besar memiliki kekuatan yang begitu dahysat, amarahnya dapat menghancurkan apa saja yang berada didekatnya, namun Hulk tidak pernah mempunyai niatan untuk membunuh lawan meski sebenarnya Hulk mampu untuk melakukan itu, kemudian Toko Iron Man yang super jenius memiliki baju besi yang terbuat dari nano mampu membuat Thanos terluka, dan Toko favorit Kapten Amerika berjiwa pemberani dan setia adalah Toko yang paling bijaksana, sebagai The leader yang mampu menyatukan semua Toko. Setiap Toko memiliki kelebihan yang saling mendukung, hal tersebutlah yang menjadi kekuatan Avangers dalam mengalahkan Thanos.

Jika dikaitkan dengan organisasi dan masyarakat sosial,  kita sering menjumpai karakter yang berbeda pada setiap kelompok atau komunitas, sehingga rentan terjadinya permasalahan dapat terjadi begitu saja, namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan  kehadiran seorang pemimpin layaknya Kapten Amerika. Melalui Turnamen The Leader ini pesan yang kami sampaikan adalah pentingnya merawat kepemimpinan merupakan upaya seseorang ataupun kelompok sosial dalam menghadirkan pemimpin-pemimpin yang arif, adil, jujur dan bijaksana, namun apakah cukup berhasil dengan hanya bergantung pada pemimpin? Jelas tidak pasti namun kita dapat mengusahakan melalui prinsip kolaborasi dan timbal balik yang baik antara pemimpin dan pasukan, sama halnya dengan para Avangers, karakter setiap toko mewakili kebutuhan pemimpin masa kini.

E-Sport Mobile Legends akan memantik kader IPM dalam mengasah keterampilan bertim, berkomunikasi dan juga keterampilan menjadi seorang Pemimpin. Dalam turnamen ini terseleksi sebuah Tim yang akan menjadi pemenang, begitu juga dengan seorang pemimpin akan terseleksi dengan baik dan hadir di waktu dan tempat yang tepat.

Jadikan permainan E-Sport pada sisi yang lebih bermanfaat, jangan tutup mata kita pada perkembangan zaman, kita harus tetap menjadi pelajar yang fleksibel dan tidak kaku, sebuah potensi permainan E-Sport sebagai dakwah kreatif Pelajar Muhammadiyah, tapi bukan berarti kita meng-IPM kan pelajar melalui E-Sport, jelas ini pemikiran yang tidak tepat, kita maksimalkan saja pada nilai kebermanfaatannya, setidaknya IPM mampu mewadahi para pelajar dalam mengasah potensinya, akan jauh lebih indah nilai investasi kebermanfaatannya, barangkali kelak menjadi atlet E-Sport yang dapat mengaharumkan nama bangsa dan juga Negara.

Oleh: Salman Fajrus Shobah (Ketua Bidang Asbo PW IPM Jatim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *