Lompat ke konten

Canggih, Panlih Musywil Gunakan E-Vote

IPMJATIM.OR.ID – Manfaatkan kecanggihan teknologi, Panitia Pemilihan Wilayah (Panlihwil) dalam Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-23 Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jawa Timur (Jatim) gunakan Elekronik Vote (E-Vote) saat pemilihan. Pemilihan tersebut dilaksanakan pada 17 Desember 2023 di Aula Universitas Muhammadiyah Gresik.

Affan Fitrahman, Ketua Panlihwil menjelaskan bahwa penggunaan E-Vote tersebut dimaksudkan untuk mempecepat serta mengfisiensikan waktu selama pemilihan sekaligus mempermudah para panlihwil dalam melakukan rekapitulasi penghitungan suara. Selain itu juga untuk mengurangi penggunaan kertas.

“Pakai E-Vote ini lebih lebih efisien daripada menggunakan kertas, proses pemilihan bisa lebih cepat hanya membutuhkan waktu 1-2 menit saja untuk setiap pemilih. Dan total suara bisa kami (Panlih) cek secara real-time. Sekaligus juga risiko suara tidak sah bisa di minimalisir hingga 100%, jadi semua hasil pilihan para daftar pemilih tetap dipastikan Sah” jelasnya.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan terkait dengan kesiapan tim panlih dalam penggunaan E-Vote ini. Mulai dari menyiapkan koneksi internet yang stabil, pemberian token yang berbeda kepada seluruh daftar pemilih tetap, hingga menyiapkan saksi-saksi suara yang terdiri dari seluruh perwakilan pimpinan daerah IPM yang ada di Jatim.

“ini total terdapat 872 daftar pemilih tetap yang terdaftar, masing-masing kami buatkan token sendiri untuk login dan itu hanya berlaku satu kali saja”

Dia juga menjelaskan bahwa panlihwil telah menyeleksi para bakal calon formatur dari total 92 menjadi 20 orang. Seleksi tersebut juga berdasarkan dari hasil konpiwil meliputi berkas administrasi hingga kriteria calon formatur.

Terakhir, dia berharap kepada seluruh musyawirin untuk menggunakan hak pilih sebaik-baiknya. Mengingat bahwa pemilihan tersebut yang menjadi penentu jalannya kapal PW IPM Jatim di periode kedepan. (Faqih)

Tinggalkan Balasan