Gelar Tanam Mangrove & Sekolah Ekologi, Ajak Pelajar Merawat Alam Sepenuh Hati

IPMJATIM.OR.ID – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Tanggulangin gelar Gerakan Tanam Mangrove, Ahad (2/01). Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Sekolah Ekologi PC IPM Tanggulangin yang berada di Kalikajang Kecamatan Candi. Namun, sebelum memulai perjalanan, mereka diajak mengambil tanaman di Kali Alo, Kecamatan Jabon.

Hasanuddin Romadhon, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan lingkungan. “Tujuan nya untuk menanamkan rasa kecintaan pelajar pada lingkungan. Melalui menanam, mereka akan sadar tentang baiknya alam kepada manusia,” tuturnya.

Kegiatan yang diikuti 50 peserta ini berangkat dengan menaiki perahu yang dijaga oleh tiga orang nelayan. Mereka bertugas untuk memberikan pembekalan dan tata cara menanam mangrove. Perjalanan menuju tempat penanaman ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Antusias peserta ditunjukkan dengan beberapa dari mereka yang menyarankan panitia untuk mengadakan Tanam Mangrove jilid 2. Hasan mengaku telah merencanakan hal tersebut, “Dalam waktu dekat akan membuat acara menanam lagi, namun untuk lokasi penanaman nya di pinggir jalan”.

Setelah menanam peserta diajak mencari kerang dan udang di laut, kemudian memasaknya bersama. Hal unik saat kegiatan berlangsung juga disampaikan oleh Hasan, “Ketika berangkat cuaca sangat panas, namun hujan saat pulang. Keringat dan air laut yang menempel di tubuh kami dibersihkan oleh air hujan. Seakan-akan alam membalas budi kepada kami secara instan setelah menanam mangrove dengan guyuran hujan”.

Ulil Albab, Ketua Umum PC IPM Tanggulangin mengatakan “Setelah acara kemarin selesai, saya harap kita semua dapat menerapkan hal yang sama yakni mencintai ekosistem dan melestarikannya. Karena itu sama dengan mencintai diri sendiri. Menanam satu pohon dapat menyelamatkan jutaan manusia,” pungkasnya. (Pingda)

Tinggalkan Balasan