Lompat ke konten

Internasionalisasi Gerakan Muhammadiyah Melalui Para Pelajar Yang Memainkan Peran

IPMJATIM.OR.ID – Pelatihan Kader Madya Taruna Melati (PKMTM) 3 menghadirkan Wadek I Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Pradana Boy ZTF Ph D. Acara berlangsung di Aula SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, Jum’at (15/07). Ia menyampaikan materi tentang internasionalisasi gerakan muhammadiyah.

Menurutnya, internasionalisasi gerakan Muhammadiyah bukan ditandai dengan berdirinya Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM). Ia mengatakan, “Kalau dipahami seperti itu maka menurut saya masih dalam tahap berkembang, belum menjadi buah bahkan akar. Yang mendirikan PCIM adalah mahasiswa Muhammadiyah yang sedang berkuliah di luar negeri. Apabila mereka kembali ke Indonesia, maka Muhammadiyah disana juga akan dibawa pulang.”

Selanjutnya, Pradana mengatakan, “Poin pentingnya, internasionalisasi Muhammadiyah tidak harus menjadi sesuatu yang formal tapi melalui para aktivis kita yang memainkan peran nya dengan kapasitas dan pergaulan mereka”. Ia juga menyarankan para peserta agar merangkai rencana mulai hari ini untuk hidup mereka di masa depan.

Ia pun menutup materi dengan memberi pesan kepada para peserta PKMTM 3. “Demi menjaga kesinambungan generasi kita agar tetap terjaga, kalian harus punya proyeksi. Maka tidak ada pilihan, kita lah yang harus melanjutkan perjuangan ini,” tutupnya. (Pingda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *