Lompat ke konten

IPM Gresik Adakan Turba

IPMJATIM.OR.ID – PD IPM Gresik semenjak dilantiknya berusaha untuk mem-profetik-kan elemen pelajar di Kabupaten Gresik, khususnya di seluruh IPM se-Kabupaten Gresik. Untuk memulai hal tersebut, PD IPM melakukan terjun langsung ke bawah dengan mengawalinya di pulau Bawean, yang merupakan bagian dari Gresik sendiri. Ahad, (27/03/2022).

Ini merupakan perjalanan pertama PD IPM Gresik ke pulau bawean dengan jadwal pemberangkatan pukul 09.00 dan sampai di pulau bawean pada pukul 13.30 dengan membawa personil6, di antaranya; Reza, Ardi, Qodri, Agung, Zahra, Liset dan juga Sultan. PD IPM Gresik mengusung tema “jalan cinta para pejuang”.

Kedatangan PD IPM Gresik pertama kali ini di sambut sangat antusias oleh PC IPM Bawean. Mereka di bawah ke tempat peristirahatan yang baik dan kondusif. Setelah itu, PD IPM Gresik dan PC IPM Bawean 2019-2021 melakukan kegiatan pertama kalinya, yakni Silaturrohim dan rapat koordinnasi pada pukul 15.30-19.30. Dengan adanya silaturrohim dan rapat koordinasi ini di harap PD IPM mengetahui kemunduran di PC IPM Bawean.

Selanjutnya PD IPM Gresik di antar ke PCM Bawean oleh PC IPM Bawean sekitar puku; 19.30 sampai pukul 21.30. Di sana PD IPM Gresik berintraksi dengan baik dengan PCM Bawean. Sehingga mereka di bekali satu ilmu dari ilmu-ilmu wejangan (nasihat). Seperti “menjadi aktivis harus terbiasa telat makan, telat tidur, untuk kepentingan bersama. Selain itu hendaknya IPM selain sebagai pelopor,pelangsung, penyempurna amanah juga dapat menebar manfaat lebih terkhusus di pulau Bawean” ujar Raden Hozaimi S.Pd selaku PCM Bawean kepada anak-anak PD IPM Gresik.

Ayahanda Raden Hozaimi S.Pd adalah penggagas pertama IPM di pulau Bawean. Sehingga jasa dan karya beliau di segani oleh masyarakat Bawean. Ayahanda Raden Hozaimi S.Pd merupakan sosok sejarahwan yang ternyata keturunan asli dari Kerajaan Bawean, ayahnya adalah sosok pendiri Islam pertama di pulau ini. Dan beliau adalah penggagas IPM pertama sekaligus ketua IPM pertama di sini.

Pada hari kedua, PD IPM Gresik bersilaturrahmi di SMAM 2 dan SMPM 3. Kedatangan mereka sangat disambut antusias dan mereka di beri kesempatan untuk mengisi kelas motivasi dan juga sekilas materi ke-IPM an. Dalam sesi diskusi, peserta, baik dari SMAM 2 dan SMPM 3 sangat antusias dalam memberikan pertanyaan yang mungkin mereka alami, sampai personil PD IPM Gresik mengalami kewalahan. Sangat menarik sih,

Setelah PD IPM Gresik berkunjung dan bersilaturrahmi dengan SMAM 2 dan SMPM 3, mereka melanjutkan perjalanannya ke SMKM 4 Bawean, yang mana pimpinan rantingnya sedang melakukan kegiatan magang/pengabdian.

Kedatangan PD IPM ke SMKM 4 Bawean disambut oleh Kepala Sekolah dan Guru-guru. Banyak pengalaman dan ilmu ketika personil PD IPM Gresik melakukan interaksi langsung dengan Kepala Sekolah dan Dewan Guru di sana. Kepala Sekolah SMKM 4 merupakan alumni IPM di Lamongan. Dan para personil PD telah mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang IPM di Lamongan, meski mereka tidak melakukan study banding di sana.

Di sekolah SMKM 4 ini memiliki terobosan yang sangat penting/ fundamental, di antaranya radio FM dan Bank Mini Syari’ah yang di kelola langsung oleh para siswa. Sehingga para siswa mempunyai keahlian baru meski tidak menekuni di bidangnya.

(Zainuri)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *