Lompat ke konten

Memperingati Hari Buku Internasional, PD IPM Sidoarjo Gelar Ngabuburead

IPMJATIM.OR.ID – Dalam rangka memperingati Hari Buku Internasional, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan Ngabuburead, Sabtu (23/04). Acara yang berlangsung melalui zoom meeting ini diisi dengan membaca buku bersama selama 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan menceritakan buku yang telah dibaca dan diskusi santai.

Selain untuk menunggu waktu berbuka puasa dengan hal yang positif, acara ini diadakan untuk mengembalikan semangat membaca di kalangan pelajar. Ketua Bidang PIP PD IPM Sidoarjo, Hasanuddin Romadhon mengatakan ia ingin menciptakan lingkungan yang suka membaca.

“Sebenarnya tidak ada orang yang malas membaca namun mereka hanya belum menemukan teman untuk diajak membaca dan bercerita. Saya percaya, berada di lingkungan orang yang suka membaca bisa membuat kita juga suka membaca,” tambahnya.

Ada banyak buku yang diulas dan didiskusikan bersama pada acara ini. Hasan membuka acara dengan menceritakan sedikit tentang Filosofi Teras karya Henry Manampiring. Disusul dengan cerita dari peserta lain, seperti buku berjudul Hidup Ini Permainan Tapi Bukan Main-Main karya Nur Cholis Huda, Ternyata Adam Dilahirkan karya Agus Mustofa, Seni Hidup Minimalis karya Francine Jay, dan Ternyata Wanita Lebih Mudah Masuk Surga karya Iis Nur’aeni Afgandi.

Para peserta diajak untuk berdiskusi dan menanggapi cerita dari peserta lain. Mereka bertukar ilmu dari buku-buku yang telah lama menghuni rak mereka. Diskusi yang interaktif pun terjalin dengan baik antar peserta meskipun acara diadakan secara online.

“Harapannya gerakan ini bisa melebar tidak hanya di kalangan IPM Sidoarjo tapi juga di masyarakat umum hingga ke kota-kota lain seperti efek domino,” tutup Hasan. (Pingda)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: