Lompat ke konten

Muhammadiyah Harus Masuk Ke Konsep Yang Lebih Luas Tentang Kewirausahaan

IPMJATIM.OR.ID – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Timur mengundang Dosen Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Wawan Sobari S IP MA Ph D. Ia memberikan materi tentang Kewirausahaan Sosial-Politik, Sabtu (16/07).

Pada awal materi nya, ia menyampaikan bahwa Muhammadiyah berfokus pada amaliyah. “Sejak didirikan nya Muhammadiyah, fokus nya pada amaliyah. Jadi berkhidmat di dalam sebuah organisasi keagamaan itu tidak melulu berbicara agama. Namun juga berbicara amal dunia,” tuturnya.

Di dalam bidang ekonomi, Muhammadiyah ada di dalam pendidikan, kursial, dan kesehatan. “Jadi kewirausahaan sosial pemimpin sudah jadi makanan sehari-hari sebenarnya bagi Muhammadiyah bukan yang lain,” tambahnya.

Wawan pun mengatakan bahwa pemikiran kita tentang kewirausahaan seharusnya bukan hanya mencari untung saja. “Selama ini di dalam benak kita terfikirkan bahwa kewirausahaan itu bisnis, profit, mencari keuntungan. Namun itu yang sebenarnya harus dilepaskan,” tuturnya. Kewirausahaan bisa menjadi ladang dakwah Muhammadiyah.

Menurutnya, kewirausahaan dalam konteks bisnis sudahlah mainstream. Maka Muhammadiyah harus masuk ke konsep yang lebih luas tentang kewirausahaan. (Pingda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *