Lompat ke konten

Nugraha Hadi Kusuma Sampaikan Misi Utama Kader Madya

IPMJATIM.OR.ID – Penutupan Kegiatan Pelatihan Kader Madya Taruna Melati 3 (PKMTM 3) telah usai. Acara tersebut dilaksanakan di Perguruan Muhammadiyah Oro-Oro Dowo. Acara ditutup oleh Nugraha Hadi Kusuma, Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Pimpinan Wilayah Muhammadiyah melalui sambutan nya, Ahad(17/07).

Dalam kegiatan itu, Nugraha mengawali dengan merujuk pada HR Bukhari 1239 yang bermaksud kepada rasa tanggung jawab. Ia mengatakan, “Kader madya harus memiliki intelektualitas tinggi dan berpegang kepada Sistem Perkaderan IPM (SPI)”. Kualitas seorang kader dibuktikan dengan adanya kemampuan literasi serta analisis suatu hal secara tepat.

Ia menegaskan kepada para peserta untuk kuat, dekat dengan masjid dan mendukung acara Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM). Ia juga menambahkan, “Intelektual harus diwujudkan sebagai rasa implementasi yang dapat dipublikasikan dan bukan hanya sekedar wacana asing”.

Dengan adanya PKMTM 3, ia berharap IPM dapat menciptakan perubahan yang mendekati hal-hal kecil seperti dekat dengan masjid. Pendekatan harus dimulai dari masing-masing diri seorang kader IPM. Penjajahan non-Muhammadiyah yang menyerang masjid-masjid Muhammadiyah harus diperangi oleh kader IPM itu sendiri.

Selain itu, memiliki intelektualitas dan keberpihakan yang tinggi juga penting demi mewujudkan misi-misi Muhammadiyah. Ia pun menjelaskan tentang misi utama kader madya.

“Menciptakan generasi yang utuh untuk menciptakan dinamika yang menarik menjadi misi utama seorang kader madya. Karena berada di persyarikatan Muhammadiyah itu salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT,” tutupnya. (David)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *