Lompat ke konten

PC IPM Balongpanggang Gelar Sekolah Digital Untuk Mengeksplorasi Kemampuan Desain Dan Jurnalistik

IPMJATIM.OR.ID – Menyelami perkembangan era digital, tidak lengkap rasanya jika melewatkan kegiatan yang bermuara di bidang digitalisasi. Melihat hal itu, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Balongpanggang menggelar Sekolah Digital. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Bidang PIP (Pengembangan Ilmu Pengetahuan) PC IPM Balongpanggang, yang bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan desain dan jurnalistik. Kegiatan ini bertempat di Perguruan Muhammadiyah Balongpanggang, Ahad (03/03/2024).

Ketua Pelaksana Sekolah Digital, Ahmad Sutan Gibran Al Amin, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk seluruh kader IPM Balongpanggang. “Yang kurang bisa desain, setelah acara ini bisa desain. Yang kurang bisa menulis berita, setelah acara ini bisa menulis berita,” tegasnya.

Sebanyak 25 peserta mengikuti kegiatan yang mengusung tema “Explore Your Skills in Digital Era” ini. Anggota Bidang Perkaderan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Gresik, Irgie Al Hafidz, turut hadir membuka acara. Dalam sambutannya Irgie berharap, “Sekolah Digital dapat menjadi mercusuar peradaban teknologi khususnya untuk kemajuan IPM Balongpanggang,” terangnya.

Selepas pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama. Materi ini membahas tentang ‘Belajar Desain’ yang dibimbing oleh Arif Aini. Dalam pengantar materi, Guru Ekstra Multimedia SMA Muhammadiyah 6 Gresik itu menyampaikan, “Desain adalah salah satu cara untuk membranding diri sendiri, organisasi, dan segala hal yang ingin ditampilkan untuk publik. Desain menjadi hal yang penting untuk kebutuhan zaman sekarang”.

Peserta diberikan materi dasar dan gambaran desain grafis yang meliputi ukuran font, pemilihan warna dan kontras, tipografi serta golden rasio. Selain itu peserta dibimbing langsung untuk membuat desain dengan mengoperasikan aplikasi Corel Draw melalui laptop.

Selanjutnya para peserta mengikuti materi kedua tentang Jurnalistik. Jurnalistik yang terkesan berat, mengawang-awang di kepala lalu disulap menjadi suasana yang ceria dan menyenangkan. Ping Darojat Gumilang, Puskominfo PW IPM Jawa Timur didapuk menjadi pemateri di materi kedua tersebut. Ia mengawali kegiatan dengan ice breaking yang mencairkan suasana.

Ping juga memberikan pertanyaan kepada seluruh peserta, “Kenapa warna media pemberitahuan identik biru?” Kemudian ia menjelaskan bahwa, “Warna biru sangat sering ditemui di kehidupan. Media identik biru karena memiliki arti sedalam lautan dan seluas cakrawala, sama halnya seperti jurnalis ketika membuat berita harus menyampaikan informasi secara luas dan mendalam,” tuturnya.

Di tengah materi, Ping menyampaikan, “Keistimewaan nya, ketika dalam peperangan, wartawan dan jurnalis adalah orang yang tidak boleh diserang. Kita juga berpeluang untuk bertemu dan berkomunikasi dengan tokoh-tokoh penting untuk keperluan wawancara,” pungkasnya.

Peserta sekolah digital juga diberikan kesempatan untuk praktik menulis soft news. Acara pun berakhir dengan seluruh peserta yang diminta untuk menulis kesan pesan selama mengikuti materi pertama dan kedua. Seluruh peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara Sekolah Digital tersebut hingga selesai. (Evlen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *