Lompat ke konten

Literasi Ujung Tombak Pelajar, PW IPM Jatim Membagikan Majalah Kuntum Kepada Peserta Resepsi Milad IPM Di Bojonegoro

IPMJATIM.OR.ID – Dalam Resepsi Milad Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ke-61 yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Bojonegoro. PW IPM Jawa Timur berikan Majalah Kuntum. Bertempat di Aula Perguruan Muhammadiyah Kedungadem, Ahad (31/07/2022).

Di kutip dari ibtimes.id, Kuntum mulai terbit sejak 1976, kehadirannya berkat inisiasi kader-kader IPM di Yogyakarta dengan bantuan pengurus Muhammadiyah setempat. Dalam sebuah wawancara bersama Suara Muhammadiyah, Emha Ainun Nadjib yang kala muda aktif di IPM pernah mengungkapkan keterlibatannya dalam pendirian majalah pelajar ini.

Mengenai penamaan, Kuntum sendiri diambil kata pertama dalam ayat Al-Quran surah Ali-Imron 110. Konteks lengkap ayat tersebut bermakna, “Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah”. 

Menurut Nafis Zamani, Ketua Umum PW IPM Jawa Timur, Majalah Kuntum adalah saksi sejarah perjalanan dinamika remaja, terkhusus di kalangan Muhammadiyah. Sejarah yang sayang jika hilang begitu saja. Terkait literasi pun sudah tercantum dalam semboyan Q.S Al Qolam ayat satu. Yang artinya demi pena dan apa yang dituliskan

“Dalam hal ini PW IPM Jawa Timur, ada empat nafas gerakan. Salah satunya intelektual kolektif, hal ini mencerdaskan terhadap semuanya. Kita tidak memandang pelajar Muhammadiyah saja, namun semua unsur juga masyarakat,” ucapnya.

“Kita memiliki tujuan untuk menggerakkan nilai literasi dalam supaya dapat mencerdaskan bangsa dan negara,” tambahnya.

Muhammad Adam, salah satu peserta yang mendapatkan Majalah Kuntum (sumber: media ipm Bojonegoro)

Dalam acara ini, untuk memotivasi para kader IPM dalam literasi, PW IPM memberikan hadiah Majalah Kuntum kepada beberapa peserta dalam resepsi Milad IPM ke-61 yang di adakan oleh PD IPM Bojonegoro, juga memberikan Majalah itu kepada PDM Bojonegoro, PCM Kedungadem dan PD IPM Bojonegoro.

(Mahes)

Tinggalkan Balasan