Lompat ke konten

PD IPM Kabupaten Nganjuk Sukses Gelar Konpida, Pelajar Kultural: Merayakan Keragaman Dalam Gerakan

IPMJATIM.OR.ID – Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Nganjuk sukses menyelenggarakan kegiatan Konferensi Pimpinan Daerah (KONPIDA), Sabtu-Ahad (18-19/03/2023). Acara tersebut berlangsung di SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk.

Konpida PD IPM Kabupaten Nganjuk kali ini mengusung tema yang bertajuk “Pelajar Kultural: Merayakan Keragaman dalam Gerakan“. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi arah gerak dan kepemimpinan selama setengah periode. Sehingga, setengah periode kedepan dapat memaksimalkan rencana-rencana arah strategis yang dihasilkan di MUSYDA XVIII PD IPM Kabupaten Nganjuk yang akan datang.

Selain itu untuk merumuskan gagasan-gagasan baru yang seirama dengan visi dan misi serta relavan dengan perkembangan saat ini. Sehingga, IPM mampu menjadi ikon gerakan pelajar, khususnya di Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Drs. Moch. Ridwan, M.Ag. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Nganjuk, Andik Joko Santoso, S.Pd. Kepala SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk, Wardiyah N dan Ayunda Novita Rulli R. perwakilan dari Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Nganjuk, Abdul Maliki Ketua Bidang ASBO Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jawa Timur, serta beberapa tamu undangan lainnya yang terdiri dari perwakilan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Nganjuk dan PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan KONPIDA ini diikuti sekitar 46 peserta. Diantaranya terdiri dari kader Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) se-Kabupaten Nganjuk.

Rahmat Solekan, Ketua Umum PD IPM Kabupaten Nganjuk menyampaikan dalam sambutannya, “Dalam kegiatan Konpida ini nantinya adalah untuk mengevaluasi separuh perjalanan dari PD IPM Kabupaten Nganjuk. Untuk kedepannya nanti, kita akan lebih aktif mengarah ke dalam gerakan sosial. Karena, kita ingin mencoba hal-hal yang baru dengan gerakan yang berbeda dari periode-periode sebelumnya.”

Dia pun menambahkan, “Dari tema kegiatan ini memiliki makna, yang berarti dari keragaman kita bisa mencapai tujuan bersama. Tentunya di acara ini, segala bentuk aspirasi dari kader IPM se-Kabupaten Nganjuk diharapkan dapat memunculkan gagasan dan ide-ide baru untuk gerakan PD IPM Kabupaten Nganjuk kedepannya.”

Abdul Maliki, Ketua Bidang Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga (ASBO) PW IPM Jawa Timur juga menyampaikan sambutan. Ia mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan ini, “Saya ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan Konpida PD IPM Kabupaten Nganjuk. Sebagaimana yang telah kita ketahui, Konferensi Pimpinan Daerah adalah Musyarawah tertinggi setelah Musyarawah Daerah (MUSYDA) yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Pimpinan Daerah selama satu tahun atau setengah periode yang telah berjalan.”

Dia pun menambahkan, “IPM merupakan ujung tombak dari dakwah Muhammadiyah. Oleh karena itu, PD IPM Kabupaten Nganjuk mengusung tema Merayakan Keragaman dalam Gerakan. Dari tema tersebut menggambarkan tentang IPM Nganjuk yang sangat beragam. Tentunya, hal tersebut juga termasuk terjemahan dari 3T yaitu Tertib Ibadah, Tertib Pendidikan, dan Tertib Berorganisasi.”

Sambutan terakhir diberikan oleh Drs. Moch. Ridwan, M.Ag. Ketua PDM Kabupaten Nganjuk sekaligus membuka acara. Ia menyampaikan,” Di dalam persyarikatan itu yang paling penting adalah keikhlasan yang harus kita tanamkan dalam berorganisasi di Muhammadiyah. Dan dengan berorganisasi, kita bisa meningkatkan nilai dan kualitas diri kita sesuai dengan kemampuannya masing-masing,” tuturnya. (Septi Sartika)

Tinggalkan Balasan