Lompat ke konten

PD IPM Kabupaten Pasuruan gelar Kajian Online Ekoliterasi

IPMJATIM.OR.ID-Bidang Perkaderan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Pasuruan mengadakan Kajian Online Ekoliterasi, dengan mengangkat tema “Upaya Pelajar dalam menjaga dan melestarikan lingkungan”. Kajian ini mengundang Ipmawan Tantra Nuruddin Firdaus sebagai pemateri, mahasiswa yang berkecimpung di dunia aktivis gerakan pelajar Muhammadiyah Kabupaten Pasuruan dan kini menjabat sebagai Bendahara Umum PD IPM Kabupaten Pasuruan Kamis, (29/10/2020).

Berbeda dengan kajian-kajian sebelumnya, kajian kali ini merupakan kali pertama diselenggarakan PD IPM Kabupaten Pasuruan secara online. Kajian berlangsung mulai pukul 09.00-10.30 WIB. Kajian ini tak hanya diperuntukkan untuk pelajar Muhammadiyah, juga diikuti dan mendapatkan antusias yang tinggi oleh puluhan masyarakat umum melalui aplikasi Zoom.

Tantra menyampaikan kiprah nyata Muhammadiyah selama beberapa dekade ke belakang dalam aksi jihad ekologi dan jihad literasi sebagai bentuk implentasi environmentalisme sekaligus upaya mendorong masyarakat luas untuk lebih literat terhadap lingkungan.

“Kita sebagai agen perubahan seyogyanya membersamai langkah aksi nyata untuk memulai membangun kesadaran untuk mencintai lingkungan sebagai upaya memberikan pemahaman pentingnya ekologis global demi menyangga kelangsungan hidup. Juga disertai memperkaya wawasan dan menggalakkan konservasi lingkungan supaya potensi sumber daya alam bisa termanfaat secara maksimal kepada hidup kita dan mengurangi perilaku destruktif yang menyebabkan goncangan pada ekosistem ini,” ujar Tantra.

Sebagai penutup, sambungnya, perlu saya tegaskan kita sebagai muda-mudi terdepan perlu mengambil posisi dan peran penting untuk menyelamatkan kondisi kualitas bangsa yang sedang tidak baik-baik saja ini.

“Juga semestinya untuk mengasah kemampuan intelektual dengan memperbanyak membaca macam-macam literatur dan menyalurkan pemikiran kritis kita dalam baik tulisan, kajian dan diskusi kritis.” pungkasnya. (Fahris Haria Febrilian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *