Lompat ke konten

PD IPM Kota Pasuruan Gelar Workshop Jurnalistik

IPMJATIM.OR.ID-Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kota Pasuruan mengadakan Workshop Jurnalistik bertemakan “Seni Menulis Satu
Goresan Sejuta Perubahan“. Bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan. Sabtu, (20/02/2021).

Sebagai pembicara, acara ini menghadirkan Hari Moerti S.Kom M.AB, Kordiv Humas Bawaslu Kabupaten Pasuruan.

Dihadiri Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah H Abu Nasir M.Ag, Ketua Pimpinan Daerah Aisyah Hj Faruq Hentihu, Ketua Majelis Dikdasmen Drs.H.M Baidowi M.Ag, Majelis Kader Muhammad Iqbal, dan PR Ranting IPM Se-Kota Pasuruan dan Angkatan Muda Muhammadiyah Se-Kota Pasuruan.

Tujuan dari pelatihan ini melatih kader-kader militan Angkatan Muda Muhammadiyah agar mengerti dasar–dasar menjadi jurnalistik yang baik dan mematuhi larangan–larangan yang ada dalam jurnalistik itu sendiri.
Jurnalistik adalah keterampilan khusus dalam hal reportase, penulisan dan penyuntingan berita, serta wawasan dan penggunaan bahasa jurnalistik atau bahasa media.

Ada beberapa skill menjadi jurnalistik yang baik dan dapat kita terapkan sehingga kita bisa membuat berita yang sesuai realtime tanpa ada fiktif belaka, karena keakuratan berita itu sangatlah penting dan dapat dimengerti untuk semua kalangan yang melihat.

Menurutnya, dasar–dasar jurnalis yang harus kita terapkan untuk membangun tim media yang beritanya selalu akurat dan setajam pisau.

“Teknik reportase seorang jurnalis harus piawai mewawancarai dan mengamati peristiwa. Seorang jurnalis juga harus andal dalam riset data atau studi literatur.
News writing yaitu penulisan berita adalah keterampilan utama jurnalis.
News Reporting yaitu harus piawai menyajikan berita secara langsung ataupun menjadi presenter berita di studio baik itu menggunakan media tv/radio,” ungkapnya.

“Editing adalah hal yang sangat terpenting dan juga harus piawai menyunting naskah sebelum dipublikasikan.
Bahasa jurnalistik yakni bahasa pers atau bahasa media, dengan ciri khas ringkas, lugas, dan mudah dipahami,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan