Lompat ke konten

PD IPM Sidoarjo Gelar WAP Series Vol 3 Terkait Program Beasiswa Pemkab Sidoarjo

IPMJATIM.OR.ID – Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Sidoarjo menggelar acara Webinar Advokasi Pelajar (WAP) Series Volume 3 dengan tema “Berkolaborasi Guna Raih Mimpi”. Acara ini dilaksanakan pada Senin (27/02/2023) pukul 19.00 WIB.

Acara yang digelar melalui aplikasi Zoom Meeting ini, mendatangkan narasumber dari salah satu pegawai Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo yang juga merupakan inisiator dari Sidoarjo Youthconnect.

Menurut Saidah Basham selaku ketua pelaksana, digelarnya acara ini memiliki tujuan agar para pelajar Sidoarjo mendapat informasi yang lebih jelas dan dapat menanyakan langsung ke narasumber terkait program beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Untuk tema webinar itu sebenernya bentuk implementasi dari salah satu program kerja bidang advokasi dan kebijakan publik PD IPM Sidoarjo yakni menjadi jembatan program kerja pemerintah Kabupaten Sidoarjo agar dapat di akses dengan mudah rekan rekan pelajar,” ucap Saidah melalui aplikasi pesan singkat.

Acara webinar tersebut dibuka oleh Kinan selaku MC dengan membacakan ketentuan-ketentuan yang harus peserta patuhi selama webinar berlangsung. Lalu ia mempersilahkan kepada moderator untuk mulai memandu jalannya webinar tersebut.

Setelah menyapa para peserta, Erfaniah Putri yang merupakan moderator webinar memperkenalkan secara sekilas tentang narasumber. Moderator pun mempersilahkan kepada narasumber untuk menyampaikan materi webinar.

Dalam pembukaan materi, Ketua Dewan Pemuda Sidoarjo itu menyampaikan informasi terkait program beasiswa yang sedang dijalankan pemerintah Sidoarjo.

“Program ini inisiasi dari bupati yakni Ahmad Muhdlor Ali atau yang biasa disapa Gus Muhdlor. Secara pembangunan SDM dan awardee, di tahun ini yaa beasiswa ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi warga Sidoarjo yang sedang mengenyam pendidikan. Haedar juga menegaskan bahwa penerima beasiswa ini khusus untuk mahasiswa dengan KTP Sidoarjo bukan hanya berdomisili di Sidoarjo saja, karena dana APBD tidak boleh digunakan untuk kepentingan di luar Sidoarjo.

Selanjutnya narasumber menjelaskan secara rinci tentang beasiswa Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mulai dari syarat, jenis-jenis beasiswa, cara mendaftar hingga berkas yang dibutuhkan. Tak lupa, ia berharap agar nantinya beasiswa bisa diberikan pada orang yang tepat, karena Pemerintah Kabupaten Sidoarjo membutuhkan timbal balik berupa ide dari para pemuda dalam menjalankan pemerintahan. Para peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa mendengarkan penjelasan dari narasumber dengan tenang dan seksama.

Berdasarkan penjelasan narasumber, beasiswa Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terdiri dari 2 jenis yaitu untuk mahasiswa dan untuk hafidz/hafidzah jenjang SD/SMP/Sederajat. Di jenjang mahasiswa dibagi menjadi jalur akademik,jalur prestasi umum, jalur keagamaan, dan jalur mahasiswa kurang mampu.

Di sesi tanya jawab, para peserta aktif bertanya kepada narasumber perihal beasiswa Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang belum mereka pahami. Di sesi ini, acara berjalan serius namun tetap santai diselingi sedikit gurauan dari peserta maupun narasumber.

Selanjutnya sesi sharing diisi dengan diskusi dan berbagi pengalaman oleh awardee beasiswa di tahun sebelumnya yakni Aditya Apriawan yang merupakan penerima beasiswa tahap 1 gelombang pertama tahun 2022 dan Erfaniah yang juga moderator acara sebagai penerima beasiswa tahap 1 gelombang kedua. Para peserta semakin aktif bertanya terkait beasiswa.

“Kalo di KESRA lebih enak karena kuotanya lebih renggang. Saya sarankan lebih enak di jalur prestasi umum dan di KESRA seperti yang dibilang mas Haedar,” Aditya, salah satu peserta berucap.

Webinar yang diikuti oleh 53 peserta itu berakhir sekitar pukul 20.30 WIB. Saidah mengaku jika acara webinar kali ini berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan tim panitia dan ia berharap setelah digelarnya webinar ini, para peserta mendapatkan informasi jelas terkait beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. (Putri)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: