Lompat ke konten

Perkuat Kaderisasi, PD IPM Kabupaten Nganjuk Gelar PKMTM II

IPMJATIM.OR.ID – Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Nganjuk menggelar kegiatan Pelatihan Kader Muda Taruna Melati (PKMTM) II. Jum’at-Ahad (2-4/12/2022).

Acara ini bertempatan di SMK Muhammadiyah 1 Prambon, Kabupaten Nganjuk. Kegiatan tersebut mengambil tema “Masifikasi Gerak Perkaderan”.

PKMTM II merupakan salah satu cara IPM mempersiapkan kader-kader IPM yang militan dalam struktur kepemimpinan IPM di tingkat Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Cabang (PC), maupun Pimpinan Daerah (PD). Nantinya akan melahirkan cikal bakal lahirnya pemimpin baru dimasa yang akan datang.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan PKMTM II ini yaitu sebagai proses perkaderan di IPM untuk mengupgrade kemampuan kader IPM baik secara intelektual maupun kepekaan terhadap problematika yang terjadi di sekitarnya. Dan di dalam PKMTM II ini menggunakan sistem student center.

Pelatihan ini juga dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Nganjuk dan dibuka langsung oleh perwakilan dari PW IPM Jatim. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari kader PC IPM se-Kabupaten Nganjuk, PR se-Kabupaten Nganjuk, PD IPM Pamekasan, PD IPM Bojonegoro, dan PD IPM Ngawi.

Rahmat Solekan, biasa disapa Rahmat, Ketua Umum PD IPM Kabupaten Nganjuk menyampaikan dalam sambutannya, menyampaikan selamat datang di Kabupaten Nganjuk yang memiliki ciri khas perkaderan.

“Pelatihan ini mengadopsi dan mengevaluasi dari dua pelatihan sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021. Pelatihan ini lebih mengedepankan kepekaan dalam proses perkaderan. Pada proses pelatihan ini mempunyai kata kunci yaitu Aku adalah Kamu,” ungkapnya.

Ipmawan Rahmat pun menyampaikan harapannya setelah diadakannya kegiatan PKMTM II ini. “Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini nantinya seluruh peserta bisa mempunyai kepekaan yang lebih tinggi terhadap problematika yang terjadi di sekitarnya, khususnya di masyarakat luas,” ujarnya.

Terakhir, Ipmawan Rahmat menyampaikan pesannya kepada seluruh peserta PKMTM II yang telah selesai mengikuti pelatihan ini. “Jadilah kader yang berperan dalam kehidupan berorganisasi maupun bermasyarakat. Setinggi apapun ilmu kamu, jika tidak ada peran dalam masyarakat. Maka, ilmu kamu tidak akan berguna,” pungkasnya.

(Septi Sartika)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: