Skip to content

Pidato Wada’ Ketua Umum PW IPM Jawa Timur 18′ – 20′

Sinergi dan Kesinambungan : Bumikan Spirit Madani

Bismillahi rahmani rahiim…

Assalamualaikum, Wr. Wb

IPMJATIM.OR.ID – Setiap pemimpin ada masanya dan setiap masa ada pemimpinnya, kalimat tersebut tentunya sangat familiar terdengar bagi para pemimpin, aktivis, dan pejabat. Pergantian pemimpin adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa terhindarkan. Setiap pergantian pemimpin meninggalkan banyak cerita visi, tujuan dan cita-cita bersama, baik cerita yang terselesaikan, cerita yang belum terselasaikan, maupun cerita yang masih berkelanjutan.

Setiap periode masa kepemimpinan memiliki arah tujuan yang berbeda, dimana arah tujuan itu mengarah persis pada kemajuan. Tidak ada satupun para pemimpin yang memiliki cita-cita arah tujuan kearah kemunduruan, para pemipin seksama menginginkan kemajuan.

Sinergi dan kesinambungan antar periodesisasi kepemimpinann menjadi poin penting agar organisasi selalu bergerak kearah kemajuan. Memutus sinergi dan kesinambungan antar periodesisasi kepemimpinan bukan menjadi pilihan yang dewasa, hal itu sama saja memulai sesuatu dari nol untuk menuju kemajuan. Namun, perlu dimengerti bahwa sinergi dan kesinambungan antar periodesasi kepemimpinan harus dibarengi dengan evaluasi cita-cita dan tujuan. Melihat dan mengevaluasi sejauh mana cita-cita dan tujuan itu tercapai. Lantas kemudian melakukan rekonstruksi dan formulasi ulang untuk menuju pada kemajuan dengan melanjutkan cita-cita dan arah tujuan berdasarkan hasil evaluasi.

Bumikan Spirit Madani

Lahirnya gerakan pelajar madani dilandasi atas beberapa hal. Pertama, menjaga sinergi dan kesinambungan antar periodesasi. Diamana periode 2016-2018 menyusun visi yaitu “Terwujudnya IPM Sebagai Rumah Aktulisasi Dan Apresiasi Pelajar Jawa Timur”. Kedua, mengadopsi ghirah Nabi Muhammad ketika hijrah dan memulai peradaban baru di kota Madinah. Ketiga, mewujudkan visi IPM 2024 yaitu “terwujudnya masyarakat ilmu”, yang didalamnya mengandung nilai-nilai islam berkemajuan sebagai puncak kemajuan zaman.

Ijtihad gerakan menuju masyarakat ilmu dengan gerakan pelajar madani ini harus senantiasa terbarukan spiritnya. Karena ijtihad ini adalah visi besar kita bersama kader Ikatan pelajar Muhammadiyah Jawa Timur, bukan menjadi visi pribadi dalam suatu periodesasi.

Tentu, banyak hal yang perlu dievaluasi, direkonstruksi, serta diperbarui dari gerakan pelajar madani. Pada masa awalnya (kami berfikir) gerakan pelajar madani ini akan bisa massif bergerak disetiap lapisan pimpinan. Namun, keadaan pandemi seolah mengubah apa yang telah direncanakan. Tapi seksama kita harus kembali tersadarkan, bahwa kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah melihat sesuatu bukan dari sudut masalah, tapi kader ikatan Ikatan Pelajar Muhammadiyah terbiasa dan dituntut terbiasa untuk melihat sesuatu dalam kaca mata sudut potensi.

Periode ini (2021-2023) diisi oleh orang besar-besar yang telah mengarungi dan merasakan bagaimana pandemi merubah rencana baik yang telah terstruktur rapi. Hampir dua tahun seksama kita merasakan pandemi, maka waktu itu adalah waktu yang sangat cukup bagi kita untuk belajar dan melihat potensi. Sekarang, diperiode ini spirit madani itu harus dibumikan kembali. Merekonstruksi gerakan sesuai dengan potensi berdasarkan pembelajaran terbaik selama pandemi.

Diksi Madani menjadi pilihan yang lebih tepat dan lebih nyaring untuk menyuarakan narasi-narasi intelektual dan gerakan IPM sebagai interpretasi dari perwujudan karakter peradaban global. Pelajar Madani merupakan wajah dari perumusan menuju visi IPM 2024 sebagai puncak kemajuan zaman, yang di dalamnya mengandung nilai-nilai islam berkemajuan. Sebagai poros keilmuan pelajar, yang membangun budaya intelektual islam yang berpikiran maju dan mencerdaskan. Serta sebagai penghasil gerakan kreatif, yaitu langkah pemberdayaan pelajar melalui karya-karya nyata yang bisa menjawab segala tantangan zaman. (Tanfidz Konpiwil, 2020)

Maka izinkan saya bersama teman-teman seperiode saya, untuk memberikan spirit ini lewat sebuah apresiasi dan ucapan selamat kepada kalian kader-kader terbaik yang telah melewati banyak sekali dinamika untuk bisa sampai pada posisi ini. Kalianlah yang akan meneruskan spirit kami, ijtihad kami, visi kami, dan cita-cita kami. Semoga kalian dimampukan, diberi kemudahan.

Mari seksama menjaga sinergi dan kesinambungan.

Selamat dilantik dan selamat memimpin.

Salam hormat teruntuk kalian.

Nuun Wal Qalami Wamaa Yasthurun

Wassalamualaikum, Wr. Wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *