Lompat ke konten

PKDTM PR IPM MI Muhammadiyah 1 Jombang Resmi Digelar

IPMJATIM.OR.ID – PKDTM PR IPM MI Muhammadiyah 1 Jombang resmi dibuka oleh kepala Madrasah, Suwanto yang juga selaku Sekretaris Umum PD Pemuda Muhammadiyah Jombang. Acara itu bertempat di Aula Perguruan Muhammadiyah Juanda Agenda, 21-22 Oktober.

Pada sambutan nya, ia mengatakan harus bangga menjadi seorang kader. “Kalian (kader) ini adalah bibit, yang akan menjadi penerus perjuangan dari Muhammadiyah untuk bangsa, maka berbanggalah kalian yang tergabung dalam ikatan ini. Menjadi orang-orang yang berfikir jernih. Menjadi pelopor, pelangsung dan penyempurna amanah,” tuturnya.

PKDTM yang merupakan proses awal dari pengkaderan di Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini diadakan guna mencetak kader-kader hebat yang akan menuju jenjang lebih lanjut. Ia melanjutkan, PKDTM ini menekankan pada 2 aspek. “PKDTM menekankan pada dua aspek proses, pertama pemahaman, pengamalan, pendalaman organisasi secara real. Sedangkan yang kedua, pengembangan kreatifitas dan ketrampilan,” kata Suwanto dalam sambutan. Ia menambahkan, “Sesuai dengan lirik lagu IPM Berjaya atau Mars IPM yang barusan kalian nyanyikan maka kalian harus terampil, berilmu, dan berakhlak mulia”.

Pada acara tersebut, turut hadir pula ketua PD IPM Jombang Alfano Putra Giovany yang didampingi oleh ketua PC IPM Kec. Jombang, Said. Pada penuturannya, ia mengatakan “PKDTM ini merupakan sebuah consensus bersama antara PD IPM Jombang dan seluruh kader IPM se-Kab. Jombang yang diwakili oleh PC IPM, dimana nama atau sebutan LDKS bagi teman-teman ranting kami rasa kurang cocok dengan marwah gerakan IPM. Oleh karena kami IPM Kab. Jombang sepakat mengganti nama dari LDKS menjadi PKDTM tanpa mengurangi kesakralan dan esensi PKDTM yang sebenarnya atau yang harusnya diadakan oleh PC IPM”.

Ia juga menjelaskan, dalam surat instruksi yang dikeluarkan tertulis bahwa hal ini bukan hanya terkait perubahan nama saja namun juga model serta materi yang didalamnya juga sama seperti PKDTM yang tertuang dalam SPI Kuning. Mereka juga telah sepakat jika anggota PC IPM mengadakan PKDTM, maka meskipun telah mengikuti PKDTM di masing-masing rantingnya masih wajib untuk mengikuti PKDTM yang diadakan oleh PC IPM karena hal tersebut merupakan perkaderan yang resmi IPM.

Kegiatan pun ditutup dengan penyusunan program kerja didampingi oleh bapak/ibu guru yang juga notabene kader militan Muhammadiyah di Jombang. (Abdul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *