Skip to content

PR IPM MTs Muhammadiyah 16 Brengkok Menggiatkan Gerakan Literasi Lewat Seminar

IPMJATIM.OR.ID – PR IPM MTs Muhammadiyah 16 Brengkok menyelenggarakan seminar literasi, Ahad (22/12/2019). Bertempat di aula Mts Muhammadiyah 16 Brengkok, seminar ini mengambil tema “Literasi untuk Mewujudkan Kader yang Diinginkan Bangsa”.

Acara ini digelar mengingat rendahnya tingkat literasi di Indonesia yang masih menjadi masalah mendasar. Mengundang narasumber dari Founder Rumah Baca Api Literasi, Fathan Faris Saputro. Dihadiri oleh 60 peserta seminar.

“Negara kita rasanya maju tetapi kualitas kesejahteraan nya belum cukup baik, hal ini dikarenakan budaya literasi belum merata,” tutur Faris. Ini menjadi bukti bahwa budaya literasi kita sangat lemah dan perlu digalakkan.

Budaya Literasi adalah kunci dari kemajuan bangsa. Ia mengajak seluruh peserta agar tak hanya menjadi pelopor bangkitnya gerakan literasi. Namun juga mampu menjaga dan terus menumbuhkan minat berliterasi dari generasi ke generasi.

“Ada banyak cara melakukannya, misalnya guru harus memberikan teladan kepada siswa. Kalau gurunya sudah cinta berliterasi, maka akan menular ke anak didik nya”, tambahnya.

Gerakan literasi juga sudah diatur dalam PERMENDIKBUD Nomor 23 Tahun 2015. “Semoga dalam seminar ini akan terbentuk pegiat literasi yang produktif untuk dakwah pencerahan,” ungkap ketua panitia, Duwi Purnasari.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *