Lompat ke konten

PW IPM Jatim Berkomitmen Ciptakan Idul Adha Sehat & Ramah Lingkungan

IPMJATIM.OR.ID – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Timur berkomitmen menciptakan Idul Adha sehat & ramah lingkungan. Tiga bidang (Kesehatan, Pengembangan Kreativitas & Kewirausahaan, dan Lingkungan Hidup) berkolaborasi untuk mewujudkan hal tersebut, Jum’at (8/7). Mereka melakukan kunjungan ke beberapa peternak kambing dan sapi di Surabaya untuk membagikan vitamin.

Selain membagikan vitamin, ketiga bidang tersebut juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya menerapkan Idul Adha yang ramah lingkungan. Sosialisasi ini juga sebagai wadah edukasi tentang PMK (Penyakit Mulut & Kuku) yang saat ini tengah mewabah di Indonesia. Penyakit ini banyak menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau hingga domba atau kambing dan tergolong penyakit akut yang penyebarannya melalui infeksi virus sehingga mudah menular.

Ketua Bidang Kesehatan, Mochammad Hida mengatakan, “Kita wajib berkontribusi dalam Idul Adha tahun ini, apalagi di tengah maraknya PMK di Jawa timur khususnya Surabaya. Kami berharap dengan adanya pemberian vitamin dan obat-obatan bisa membantu para peternak agar masyarakat mendapatkan kualitas hewan qurban yang terbaik”.

Semangat itu juga diucapkan oleh Affan Fitrahman, Ketua Bidang Pengembangan Kreativitas dan kewirausahaan, “Semangat ukhuwah Islamiyyah pada saat Idul Adha harus selalu dijaga karena ukhuwah Islamiyyah yang kuat adalah modal awal untuk gerakan ekonomi umat islam kedepan”.

Tak hanya tentang kesehatan hewan qurban, PW IPM Jawa Timur juga menekankan tentang urgensi kerusakan lingkungan yang terjadi. Sosialisasi tentang Green Adha melalui langkah sederhana seperti mengurangi sampah plastik sekali pakai disampaikan oleh Bidang Lingkungan Hidup.

Hal ini dilakukan agar momen sakral tidak mendzalimi lingkungan. “Jangan sampai kita merusak kesakralan momen Idul Adha ini dengan praktek-praktek yang mendzalimi lingkungan,” ungkap Razif, Ketua Bidang Lingkungan Hidup. (Ping)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *