Skip to content

Rumah Pena PD IPM Kota Pasuruan Adakan Pelatihan Pengolahan Limbah

IPMJATIM.OR.ID-Rumah Pena Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kota Pasuruan mengadakan pelatihan pengolahan limbah.
Bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan. Jumat, (19/02/2021).

Pelatihan ini dipandu secara langsung oleh Rizka Rahma Fauziah, Bidang Ekonomi dan Pemberdayaan Perempuan Pimpinan Daerah Naisyatul Aisyiyah Kota Pasuruan.

Pelatihan non akademik yaitu tentang mengolah limbah kerang, menjadi benda atau barang yang layak jual, dan mempunyai nilai eksotis. Dihadiri oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah Se-Kota Pasuruan.

Kerajinan kerang membuat gantungan kunci ini, adalah suatu karya kerajinan tangan yang sangat bagus, untuk melatih kalangan pelajar. Pada diri masing–masing mempunyai potensi, untuk diimplementasikan, menjadi suatu karya, yang bisa dipublikasikan sehingga menjadi karya yang dikenal, oleh semua kalangan terutama kalangan yang mempunyai jiwa seni.

Bahan yang digunakan sangatlah efisien dan sangat mudah di jumpai yaitu, cangkang kerang, soda api, hcl/pemutih, cat, napkin, kuas, lem deco, palet, kompor, panci rebusan, timbangan, gantungan kunci, tang , clear, bahan-bahan pendukung ini adalah bahan untuk membuat gantungan kunci menggunakan limbah kerang, dan ada cara juga untuk membersihkan kerang yang awalnya kotor, dan kita anggap tidak layak, tetapi jika kita mengolahnya dengan baik, akan terbentuknya suatu kerajinan yang bagus.

Teknik membuat kerajinan gantungan kunci menggunakan limbah kerang ini ada dua yaitu, tehnik cat/melukis dan Tehnik decoupage. (Iqbal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *