Lompat ke konten

Sambutan Ketua Umum

Oleh : Nafis Zamami Alfiansyah

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ  نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Syukur Alhamdulliah kita penjatkan terus – menurus tanpa henti, nikmat yang diberikan Allah SWT begitu banyak, dan tak mampu bagi kita sebagai sebagai hamba nya, berapa banyak sudah diberikan atas permintaan kita pribadi ataupun untuk orang lain & Persyarikatan.

Tidak lupa solawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, beserta sahabat. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya dan mendapat petunjuk hingga hari kiamat nanti.

Kepada seluruh Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) se Jawa Timur, Ikatan Pelajar Muhammadiyah sudah setengah abad lebih atau 61 tahun bertengger dan memimpin kita semua untuk menjadi Kader persyarikatan, ummat, dan bangsa. Terkadang menyebut kata kader ini membuat bingung sebagian orang ataupun para kawan – kawan kita yang baru juga beranjak mengikuti Perkaderan awal IPM (PKDTM 1/ Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1).

Kader adalah upaya regenerasi untuk melanjutkan jalanya roda persyarikatan. Hal ini diwujudkan dengan adanya perkaderan bagi anggota IPM.Tentu bertujuan untuk membentuk anggota IPM yang loyal agar dapat bergerak memimpin Organisasi & Persyarikatan. Maka Kader IPM Anggota IPM yang telada. Keteladanan tersebut diaktualisasikan dengan bertauhid secara murni, berakhlak mulia, dan taat dalam beribadah. Serta kader IPM juga bermuamalat (hubungan antar manusia) secara islami dan berhasil mewujudkan kebiasan – kebiasan yang menganatarkannya menjadi seorang pribadi muslim yang sebenar – benarnya. Jika hal itu dapat diwujudkna oleh kader IPM secara kolektif, maka tidak hanya untuk Muhammadiyah, tetapi untuk Bangsa kebermanfaatan itu dapat dirasakan dampaknya.

Para Kader IPM sekalian, kami PW IPM Jawa Timur terus mencoba berikhtiar sebaik mungkin, meskipun kita sebagai seorang hamba yang tidak terlapas dari kesalahan – kesalahan yang ada. Tetapi kami sebagai seorang Kader Persyarikatan, Ummat, dan Bangsa berfikir dan merenungi upaya – upaya yang bisa kita lakukan demi Pelajar yang rahmatan lil alamin, menebar kebermafaatan dan kemudahan bagi umat manusia, hewan, tumbuhan dan seluruh ciptaan Allah SWT.

Dengan berjalan nya periodisasi kami, PW IPM Jawa Timur 2021 – 2023 mengusung sautu cita – cita atau Visi yakni Griya Madani : Rumah Pelajar Berkemajuan ; suatu rumah atau kawasan bagi para Pelajar yang kerkeadaban mewujudkan Pribadi dan organisasi yang memiliki tauhid secara murni, berakhlak mulia, taat dalam beribadah, dan melakukan muamallah yang bermanfaat dan dinamis dalam setiap pergerakan. Dan Misi : Massifikasi Ideoligi, Keilmuan Kolektif, Dakwah Kreatif Komunitas, & Digitalisasi. Visi – Misi tersebut bentuk Ikhtiar kami dalam menjalankan periodisasi kami, semoga dapat diaktulisasikan dan disyiar kan secara kolektif kader IPM se Jawa Timur.

Sekian dari saya, Semoga Ikhtiar ini dapat kita jalan kan minimal sampai akhir periode, jika pergerakkan kita dapat lebih bermafaat maka petiklah dan syiarkan lah kepada kawan – kawan lainnya, jika ada suatu kesalahan maka petiklah manfaat dan perbaiki secara bersama – sama.

Jalan-jalan ke kota Makkah,

Ingin sembah yang berlama-lama.

Semoga pidato ini membawa berkah,

Membawa rahmat untuk bersama.

نۤ ۚوَالْقَلَمِ وَمَا يَسْطُرُوْنَۙ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ