Lompat ke konten

SEMINAR NASIONAL EKOLITERASI MERIAHKAN KONPIDA IPM LAMONGAN

IPMJATIM.OR.ID – Seminar Nasional Ekoliterasi (6/29) yang diselenggarakan Bidang PIP PD. IPM Lamongan dalam rangkaian kegiatan Konferensi Pimpinan Daerah (KONPIDA) yang dihadiri 100 peserta, bahkan ada 6 peserta seminar yang berasal dari Madura berjalan dengan semarak. Waktu yang disediakan dalam acara belum bisa memuaskan seluruh peserta untuk berdiskusi dalam kesempatan tersebut.

Ekoliterasi sendiri merupakan istilah yang dipopulerkan oleh filsuf Fritjrof Capra dalam bukunya the web of life (2001). Ekoliterasi merupakan penggabungan dari Ekologi dan Literasi atau bisa disebut melek terhadap lingkungan. Masalah mengenai konservasi Ekologi ini sendiri juga merupakan hasil dari Muktamar XX IPM di Samarinda.

Pelajar Muhammadiyah dalam memaknai literasi jangan lagi sekedar hanya dalam membaca dan menulis saja, tapi apa yang akan dilakukan setelah itu. Dalam kesadaran terhadap lingkungan harus dilandasi dulu dengan pemahaman literasi mengenai Ekologi, bahan bacaan mengenai Ekologi harus diperbanyak. Ucap David Efendi, S.IP, MA. Pemateri dari MPI PP Muhammadiyah & Ketua Serikat Taman Pustaka.

IPM Lamongan ini ada saja inovasi yang dibuat, pemikiran-pemikiran yang ditelurkan melampaui zaman. Salah satunya ya ini mengenai Ekoliterasi, saat ortom yang lain masih berkutat membahas paslon A paslon B, tapi PD. IPM Lamongan ini sudah membahas yang lain. Tutur Fathurahim Syuhadi, M.Pd MPK PDM Lamongan. (Nasiruddin Wafiq)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: