Syahrul Ramadhan: Yakin Visi Pelajar Madani PW IPM Jatim 2018-2020 akan Terwujud

Dipublikasikan oleh Novania Wulandari pada

IPMJATIM.OR.ID – Pelantikan PW IPM Jawa Timur periode 2018-2020 digelar hari ini, (7/4) di Gedung Muhammadiyah Jawa Timur. Pelantikan kali ini dihadiri oleh PP IPM, Seluruh ortom tingkat wilayah dan juga OKP tingkat wilayah se Jawa Timur. Turut hadir pula, Ketua Umum beserta alumni PW IPM Jatim periode lalu, 2016-2018. Syahrul Ramadhan, ketua umum periode lalu turut menyampaikan sambutannya dalam Pelantikan PW IPM Jatim 2018-2020.

Ia berkeyakinan bahwa PW IPM periode selanjutnya akan lebih baik dari periode lalu. “Saya yakin Dedi Kurniawan dan kawan-kawan ini mempunyai greget yang luar biasa. Itu ditunjukkan dengan visi yang jelas di PW IPM JATIM periode 2018-2020, yaitu Pelajar Madani,” ungkap pria lulusan Sosiologi UIN Sunan Ampel yang kerap disapa Cak Rul ini. Ia menceritakan bahwa ketika ia melihat kata ‘Pelajar Madani’, mengingatkannya pada dua tokoh yang punya pemikiran tersebut.

“Menurut seorang tokoh Barat, ada Habermas dengan buku Public Space nya atau Ruang Publik, menyatakan bahwa masyarakat madani bisa diciptakan dengan ruang publik atas pertukaran minat, informasi, dan kesenangan atau orientasi kehidupan,” ungkap Cak Rul.

Tetapi– lanjut cak Rul, menurut tokoh Islam, Nurcholis Majdid dalam bukunya yang berjudul Masyarakat Madani dan Investasi Demokrasi bahwa masyarakat madani itulah masyarakat madinah, masyarakat yang beradab, yang mempunyai ketaatan pada agama tapi tetap toleransi.

Dengan dua pernyataan tersebut, Cak Rul berharap agar PW IPM Jatim periode 2018-2020 ini memang benar – benar bisa membentuk masyarakat madani sesuai pendapat kedua tokoh terutama menurut Nurcholis Majdid dalam bukunya Masyarakat Madani dan Investasi Demokrasi. “Semoga kedepan IPM Jatim bisa lebih baik sekaligus menjadikan pelajar jatim benar-benar menjadi pelajar madani,” tutup Cak Rul.

(Cyntia)


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *