Lompat ke konten

Techno Class 3 : IPM Punya Tanggung Jawab Untuk Membentuk Human Resource of Technologi

IPMJATIM.OR.ID – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Timur menggelar Techno Class #3 yang membedah tentang platform My IPM. Co-Founder & COO My IPM, Andri Wahyudi didapuk untuk menjadi narasumber pada acara tersebut, Jum’at (14/10). Ia ditemani Ketua Bidang PD IPM Ngawi, Fa’iq Rozana sebagai moderator.

Sekretaris Bidang TI PP IPM ini membuka materi dengan menceritakan awal mula diciptakan nya platform My IPM. “Sejarah adanya My IPM lahir di Jawa Timur. Pada Muktamar di Sidoarjo, terdapat rekomendasi untuk diadakannya sebuah wadah bagi big data IPM,” tuturnya. Ia mengatakan, banyak instansi yang telah membuat platform big data di tahun 2018, contohnya pemerintah.

Pemaparan Pemateri seputar platform myIPM dihadapan peserta

Platform ini dirasa sangat penting mengingat tidak adanya data yang pasti tentang berapa banyak kader IPM di Indonesia. Saat itu, perkiraan jumlah kader IPM diambil dari data milik dikdasmen berdasarkan jumlah sekolah Muhammadiyah. Kader dengan Nomor Baku Anggota (NBA) yang sama persis juga seringkali ditemui. Hal ini lah yang mendorong PP IPM untuk segera menciptakan platform big data IPM.

Ia pun melanjutkan, “Pada 2008-2018, kami membentuk kepekaan terhadap isu digital. Muktamar di Sidoarjo menjadi awal peralihan Sistem Digitalisasi IPM. Selama ini, IPM terfokus melahirkan kader-kader ideologis. Meskipun itu juga penting, namun tidak selamanya IPM butuh kader ideologis saja, IPM punya tanggung jawab juga untuk membentuk human resource of technologi. Harapannya kedepan, kita mampu menciptakan aktivis-aktivis yang paham teknologi”.

Kini, My IPM menyediakan beberapa fitur yang memudahkan IPM dalam aktivitas nya seperti manajemen administrasi, kebendaharaan, kegiatan, dan lain-lain sehingga dapat memudahkan dan mengefisiensi kinerja dari setiap pimpinan IPM di seluruh Indonesia.

29 fitur yang ada dalam my IPM diantaranya adalah akses informasi kader & pimpinan seluruh Indonesia, akses statistik data IPM, manajemen persuratan dan keuangan, manajemen penerbitan KTA, manajemen dan pemantauan fortasi, publikasi dan manajemen kegiatan, fitur komunitas dan lembaga, pena-pay/e-wallet, absensi QR code dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *