Lompat ke konten

Tiga Pondasi Agama Islam Disampaikan Nabhan Mudrik Pada PKMTM 3

IPMJATIM.OR.ID – Ketua Bidang Perkaderan PP IPM, Nabhan Mudrik menjadi pemateri ke 3 dalam PKMTM 3. Acara yang berlangsung di SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang itu dihadiri 39 peserta, Jum’at (15/07).

Nabhan memulai materi dengan bertanya tentang kegelisahan para peserta terhadap IPM. Setelah mendapatkan jawaban dari beberapa peserta, ia mengatakan, “Kalau kita memiliki kegelisahan, maka kita harus lebih berisik lagi di media”.

Kemudian Nabhan menjelaskan, pondasi agama islam ada 3, yang pertama risalah hidup. “Risalah hidup yang baik itu bahagia, damai, sejahtera. Bahagia itu sehat lahir batin, damai itu tidak ada konflik dan sejahtera itu artinya memiliki harta yang cukup. Dan itu ada di dalam agama,” ucapnya.

Pondasi yang kedua adalah islam. “Islam itu bukan din wa daulah yakni agama dan kekuasaan. Tapi din wa nikmah. Agama yang baik itu secara spiritual baik dan membangun peradaban,” jelasnya.

Sedangkan yang ketiga adalah islam kaffah. “Islam kaffah itu bukan berarti sholatnya lama, semaleman full ibadah 40 hari, meninggalkan keluarga nya. Tapi yang kaffah itu seimbang antara keagamaan dan materinya,” tuturnya.

Ia menambahkan, pemikiran Muhammadiyah adalah pemikiran yang mengubah nasib orang islam, dari yang tahayul menjadi rasional. (Pingda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *